Problem Karburator
Tugas utama karburator adalah mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2). Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2 adl 1 : 13-15. Pokoknya gmn caranya biar mesin dapet suplai campuran segitu.
Setting Karbu:
Karbu punya 2 spuyer :
1. Satu buah main jet (tuk NSR std ukurannya 130) yg berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas
2. Satu buah pilot jet (NSR std ukurannya 45) yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yg sudah tinggi.
Hal lain yg berpengaruh dengan setingan termasuk :
1. Ukuran Venturi karbu
2. Jarum skep
3. Stelan angin
4. Power jet.

Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1:14
Jwbannya adalah Karena kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.
Misal:
1. Kompresi makin tinggi berarti mesin makin panas berarti butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
2. Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi berarti campuran BB terkontaminasi air, berarti campuran makin miskin, berarti bensin hrs lebih banyak.
3. Suhu lingkungan rendah berarti suhu kerja mesin turun berarti bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
4. Knalpot bobokan (Free flow) berarti rpm makin tinggi berarti suhu mesin meningkat berarti butuh BB makin tinggi.
5. & Masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yg b’pengaruh dg settingan spuyer sebagai penyalur BB.
Jwbannya adalah Karena kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.
Misal:
1. Kompresi makin tinggi berarti mesin makin panas berarti butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
2. Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi berarti campuran BB terkontaminasi air, berarti campuran makin miskin, berarti bensin hrs lebih banyak.
3. Suhu lingkungan rendah berarti suhu kerja mesin turun berarti bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
4. Knalpot bobokan (Free flow) berarti rpm makin tinggi berarti suhu mesin meningkat berarti butuh BB makin tinggi.
5. & Masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yg b’pengaruh dg settingan spuyer sebagai penyalur BB.
Setting Karbu:
Karbu punya 2 spuyer :
1. Satu buah main jet (tuk NSR std ukurannya 130) yg berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas
2. Satu buah pilot jet (NSR std ukurannya 45) yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yg sudah tinggi.
Hal lain yg berpengaruh dengan setingan termasuk :
1. Ukuran Venturi karbu
2. Jarum skep
3. Stelan angin
4. Power jet.
Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yg lewat shg butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya supaya campuran bisa pas.
Terus kapan kita membesarkan atau mengecilkan spuyer2 tadi?
Sebelumnya harus tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:
1. “Ngempos” adalah gejala mesin seperti kehilangan tenaga yang disebabkan kekurangan BB
2. “Mberebet” adalah gejala mesin yang sebenernya dirasa padat cuma tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.
Berarti kalau NGEMPOS mesin butuh BB, kalau BREBET mesin kebanyakan BB.
Sebelumnya harus tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:
1. “Ngempos” adalah gejala mesin seperti kehilangan tenaga yang disebabkan kekurangan BB
2. “Mberebet” adalah gejala mesin yang sebenernya dirasa padat cuma tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.
Berarti kalau NGEMPOS mesin butuh BB, kalau BREBET mesin kebanyakan BB.
Kasus-Kasus
Nah berikut kasus2 yang sering terjadi karna masalah pilot jet :
1. Motor kalu pagi susah hidup karna begitu gas dibuka ngempos terus mati ya berarti naikin pilot jet.
2. Motor sudah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran gas rendah berarti naikin pilot jet
3. Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naik pilot jet
4. Motor brebet di putaran bawah tapi enak di putaran atas berarti pilot jet kebesaran.
5. Motor gak pake di cuk kalau pagi dan bisa langsung start
(ini juga gak normal) berarti pilot harus turun.
1. Motor kalu pagi susah hidup karna begitu gas dibuka ngempos terus mati ya berarti naikin pilot jet.
2. Motor sudah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran gas rendah berarti naikin pilot jet
3. Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naik pilot jet
4. Motor brebet di putaran bawah tapi enak di putaran atas berarti pilot jet kebesaran.
5. Motor gak pake di cuk kalau pagi dan bisa langsung start
(ini juga gak normal) berarti pilot harus turun.
Kesimpulannya, kalau ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, dan kl ada gejala brebet di putaran rendah juga maka pilot harus turun.
Terus untuk kasus2 mainjet:
1. Motor dibawa kebut2an sampe putaran atas terus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asep ngebul berarti suhu saat putaran tinggi meningkat drastis berarti main jet minta naik
2. Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
3. Motor ngelitik padahal yang lain normal berarti suhu mesin sangat tinggi saat putaran atas berarti main jet minta naik.
4. Motor Brebet di putaran atas saja berarti main jet minta turun
5. dll
Kesimpulannya, jika mtr Brebet di put atas berarti main jet hrs turun, jika mtr suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik.
1. Motor dibawa kebut2an sampe putaran atas terus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asep ngebul berarti suhu saat putaran tinggi meningkat drastis berarti main jet minta naik
2. Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
3. Motor ngelitik padahal yang lain normal berarti suhu mesin sangat tinggi saat putaran atas berarti main jet minta naik.
4. Motor Brebet di putaran atas saja berarti main jet minta turun
5. dll
Kesimpulannya, jika mtr Brebet di put atas berarti main jet hrs turun, jika mtr suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik.
No comments:
Post a Comment